Startup teknologi akuakultur asal Yogyakarta, FisTx Indonesia, turut serta memeriahkan gelaran akbar Asian-Pacific Aquaculture (APA) 2024, di Grand City Surabaya, 2-5 Juli 2024. APA 2024 menjadi salah satu pameran dan konferensi terkemuka di bidang akuakultur, yang menjadi ajang bagi perusahaan-perusahaan terkemuka untuk memamerkan inovasi terbaru dan berbagi pengetahuan dengan audiens internasional. 

Dalam acara tersebut, FisTx hadir bersama mitra asal Belanda, TipTopp Aquaculture, yang berfokus pada probiotik sebagai salah satu solusi masalah budidaya udang, untuk mengenalkan teknologi terbaru dan inovatif kepada peserta yang datang dari berbagai belahan dunia.

Inovasi teknologi anak bangsa

Dengan slogan “Mengembangkan akuakultur berkelanjutan demi keuntungan, masyarakat dan planet”, FisTx memamerkan teknologi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan industri budidaya udang, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Melalui teknologi ini, FisTx berharap dapat menunjukkan bahwa produk dan layanan dari Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional.

Baca juga: Manajemen budidaya udang: Back to basic dan melangkah lebih tepat

Beberapa produk yang mereka pamerkan antara lain teknologi UV, yang dikenal dengan nama Baskara UV, serta produk kebutuhan budidaya seperti Super Aqua, Chemo-Attractant, dan lain-lain. Ragam teknologi dan produk tersebut dirancang untuk membantu pembudidaya ikan dan udang dalam meningkatkan hasil produksi, mengurangi biaya operasional, serta menjaga kelestarian lingkungan.

Suasana booth FisTx dan TipTopp di pameran Asian-Pacific Aquaculture 2024. ©FisTx

Suasana booth FisTx dan TipTopp di pameran Asian-Pacific Aquaculture 2024. ©FisTx

“Kami sangat antusias berpartisipasi dalam Asia Pacific Aquaculture 2024,” kata Rois Mubarok, CEO FisTx. “Ini adalah kesempatan emas untuk memperkenalkan teknologi akuakultur buatan anak bangsa kepada audiens internasional dan pastinya juga bagi rakyat Indonesia, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam industri ini.”

Kerja sama untuk keberlanjutan

Sebagai bagian dari strategi untuk memperluas jangkauan dan efektivitas teknologi yang mereka kembangkan, FisTx telah menjalin kerja sama dengan perusahaan probiotik asal Belanda TipTopp Aquaculture, untuk memasarkan produk mereka di dalam negeri. Salah satu produk unggulannya adalah probiotik dengan 5 strain Bacillus yang memungkinkan digunakan dalam dosis rendah. Produk tersebut diklaim mampu bekerja secara optimal jika digabungkan dengan produk nano-disinfektan milik FisTx. 

Lode Verdonk, Co-Owner TipTopp Aquaculture, mengatakan “Kami mempercayakan FisTx untuk menjadi distributor resmi kami di Indonesia karena kami memiliki persamaan visi dalam kemajuan dan keberlanjutan para petambak udang.”

“Kami percaya bahwa teknologi adalah kunci untuk mencapai keberlanjutan dalam akuakultur,” tambah Rois Mubarok. “Dengan partisipasi di event ini, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak inovasi dan kolaborasi di industri ini, serta membuka peluang baru bagi para petambak di Indonesia.”

Keikutsertaan pada APA 2024 menjadi langkah penting bagi perusahaan FisTx dan TipTopp Aquaculture. Keduanya berharap kerja sama yang terjalin dapat menciptakan sinergi yang kuat untuk meningkatkan kualitas budidaya udang di Indonesia. 

***